Monday, April 20, 2009

Tidak Siap Gagal

Konon ada ratusan ribu orang akan mengalami gangguan jiwa. Mereka ini adalah orang-orang yang tidak berhasil mengumpulkan dukungan pemilih dalam Pemilu baru-baru ini. Sesungguhnya mereka ini tidak siap mengalami kekalahan. Setelah menginvestasikan dana, tenaga dan harapan yang tidak sedikit tidak heran kalau kegagalan ibarat bunyi lonceng kematian.

Kesuksesan dan kegagalan kiranya adalah dua sisi dari mata uang yang sama. Kalau mau sukses maka kita perlu bersiap menghadapi kegagalan. Konon orang yang sukses adalah mereka yang bangkit satu kali lebih banyak dari pecundang. Pencundang menjadi jerih dan malas mencoba lagi, sementara pemenang berupaya bangkit lagi dari kejatuhan. Kalau kamu sepuluh kali jatuh bangunlah sebelas kali.

Maka yang selalu perlu dikerjakan adalah langkah manejemen resiko. Apa yang kita lakukan jika kita menghadapi kegagalan ? Bagaimana meminimalkan resiko? dan seterusnya. Kegagalan tidak perlu jadi kata akhir kalau kita selalu menyimpan plan B. Kecuali kalau semua sudah dipertaruhkan dan menjadi hangus - mungkin kita bisa terguncang dan sakit jiwa. Dan jelas tindakan pertaruhan mencerminkan ketidak-bijakan kita.

Mungkin karakter bondo nekat adalah salah satu kekayaan bangsa ini. Mungkin kalau tidak nekat kita tidak pernah merdeka. Namun demikian asal seruduk bonek tidak selalu pas untuk setiap keadaan. Ada saatnya kita perlu duduk dan berhitung.






3 comments: