Sunday, May 24, 2009

Konon ada 15 janji

Konon ada lima belas janji Bunda Maria bagi yang rajin berdoa rosario - ini saya kutipkan dibawah:

JANJI BUNDA MARIA KEPADA ORANG-ORANG YANG BERDOA ROSARIO

1. Barang siapa dengan setia menghormatiku dengan berdoa Rosario, akan menerima rahmat yang istimewa.
2. Aku berjanji akan melindungi secara khusus dan memberikan rahmat yang berlimpah kepada mereka yang berdoa Rosario.
3. Rosario akan menjadi perisai yang ampuh untuk melawan kejahatan, menghancurkan sifat-sifat yang tidak baik, mengurangi dosa dan memberantas kesesatan iman.
4. Rosario akan memperkembangkan kebajikan dan karya-karya yang baik; akan memberikan pengampunan yang berlimpah dari Allah kepada jiwa-jiwa; akan menghapus kecintaan manusiaakan harta benda duniawi dan segala kehampaannya; dan akan mengembangkan hasrat untuk memiliki kehidupan dan hal-hal yang abadi dalam diri manusia. Oh, semoga jiwa-jiwa akan menyucikan dirinya sendiri dengan cara ini.
5. Jiwa yang bersandar padaku dalam doa Rosario tidak akan binasa.
6. Barang siapa berdoa Rosario dengan penuh kesungguhan dan kekhususan dengan merenungkan peristiwa-peristiwa yang suci, tidak akan ditimpa kemalangan.
7. Barang siapa yang hidup dengan penuh kesetiaan terhadap Rosario, tidak akan mati tanpa menerima sakramen-sakramen Gereja Kudus.
8. Barang siapa yang setia dalam doa Rosario, akan mendapat rahmat Allah selama hidupnya dan lebih-lebih pada saat ajalnya; pada waktu ajal mereka akan ikut menikmati pahala para suci di Surga.
9. Aku akan membebaskan mereka yang penuh kesetiaan terhadap Rosario dari siksa api penyucian.
10. Mereka yang setia pada Rosario, akan mendapatkan kemuliaan yang luhur di Surga.
11. Kamu akan mendapatkan apa yang kamu minta dariku dengan berdoa Rosario.
12. Mereka yang menganjurkan doa Rosario, akan kubantu dalam kesulitan hidupnya.
13. Aku mendapat janji dari Puteraku bahwa para penganjur doa Rosario akan mendapat perhatian surgawi secara khusus selama hidupnya dan pada saat kematiaannya.
14. Semua yang berdoa Rosario adalah putera-puteraku dan saudara-saudara Puteraku yang tunggal Yesus Kristus.
15. Devosi terhadap Rosario adalah pertanda luhur bahwa yang bersangkutan akan menemukan kebahagiaan bersama Kristus.

Saya jadi teringat kisah dalam kitab suci - Yesus bertanya: siapa saudaraku? siapa saudariku? Bahkan : siapa ibuKu ? (Mat 12:46-50). Lantas juga kisah mengenai permintaan ibu salah dua murid Yesus supaya mereka mendapati tempat istimewa disamping Yesus kelak (Mat 20:20-28). Janji-janji Sang Bunda kok jadi terasa berlebihan (dan malah rada "lancang" kalau boleh pakai istilah ini) disini.

Yesus bukannya tidak pernah bicara upah - dalam Mat 19:27-30 Dia bicara soal upah mengikuti Dia. Tetapi pertanyaan saya adalah : apakah mengikuti Yesus itu soal mencari upah? Sepertinya bagi sebagian murid Yesus demikian adanya (kalau tidak - permintaan Ibu Yakobus dalam Mat 20:20-28 tadi menjadi tidak masuk akal). Ataupun keberatan orang kaya dalam Mat 19:16-26 juga jadi kurang bisa dipahami.

Ikut Yesus (dan berdoa  rosario) dipahami sebagai jaminan mendapat upah dan kemudahan, dan segenap berkat. Apakah ikut Yesus itu cuma sekadar kesejahteraan dibumi dan diluputkan dari api neraka? Bagi saya hal ini terdengar macam jual beli - macam barter dan tidak terkecap nuansa kasih.

Jika kita mengikuti Dia hanya berharap imbalan maka salib akan menjadi terlalu berat dipikul dan kita akan terlalu sering berhenti memikul dan menghitung-hitung untung rugi. Misal: "Wong sudah berdoa rosario 9 kali kok belum dikabulkan...bagaimana ini ?" Tidak ada dalam kamus orang seperti ini ketaatan Yesus di Getsemani : kalau itu mauMu, ya Aku ikut saja. Di puncak salibpun Dia tidak berhitung-hitung pula. Aku sudah begini kok Engkau tidak begitu?

Poin saya adalah : dihadapan Allah kita tidak dapat berkilah sudah berdoa ini, atau berbuat itu. Kita cuma makhluk ciptaan belaka. Mana boleh berdebat dengan Dia - apakah jasa kita kalau sudah mendaraskan kata-kata belaka ? Burung beo pun bisa diajari doa rosario, tapi apa burung beo lantas jadi anak Bunda dan saudara Kristus ? 

Yang bener saja bung

Link menuju janji-janji tsb:


No comments:

Post a Comment