Thursday, May 21, 2009

salib Yesus

Sedang baca buku *Salib Yesus dalam Seni Kristen* (gitulah judulnya kurang lebih) kar, Agus Cremer Katanya Salib yang seperti kita punya sekarang dimana Corpus Yesus terkulai dikayu palang pertama kali muncul abad ke 10, dan muncul di Jerman bukan di Roma atau Yunani. Sebelumnya Corpus Yesus tidak digambarkan tewas begitu, tapi Yesus nampak gagah, dengan mata melotot dipuncak salib. Diawal agama Kristen salib malah tanpa corpus.

Kata Agus, ini sejalan dengan sikap kesalehan zaman itu. Salib Golgota sebelumya digambarkan ber-3 (dua penjahat plus 1 Yesus), tapi abad 10 Yesus tampil sorangan dan tewas kepayahan ke salib. Konon ide kesalehan zaman abad 10 penekanan bagaimana Yesus menebus dosa pribadi kita dan laku Kristen yang paling betul adalah menderita bersama Yesus sebagai alter christi.

Menarik bahwa sebagai agama, kristianitas berkembang. Dan kadang jadi konyol kalau berdebat kenapa Salib Protestan tanpa Corpus, kenapa orang Katolik berdevosi pada Maria dsb. At the begining, waktu semua orang belum menyebut diri Kristen - tidak ada soal2 ini

Mungkin ini resiko beragama

August 04, 2003

No comments:

Post a Comment