Thursday, May 21, 2009

The Saints

di stadion klub basket NBA biasa digantung jersey (kaos basket) pemain2 yang pensiun agar orang diingatkan bahwa orang2 (beken) ini pernah main di klub ini di Chicago ada Michael Jordan, Lakers dulu punya Magic Johnson, Knicks mengenang Ewing

Gereja Katolik mirip NBA in a way nyaris setiap hari diperingati santo ini, atau santa itu dan masing2 diberi kapling sendiri2 santo ini patron bidang a, yang lain membidangi b. Orang Katolik diajar untuk berdoa minta tolong santo x, kalau kehilangan alias *ketelisut* sesuatu (bahkan internet sudah punya santo pelindung !!)

adapun santo/santa ini kebanyakan bule baru2 ini saja dibeatofikasi/dibeatafikasi santo/santo non bule bahkan ada seorang suster cina daratan yang kerjanya mengumpulkan bukti2 martir cina yang membela iman dibawah himpitan komunsime harapan suster cina ini suatu hari ada santo/santa dari cina daratan santo/santa lain menjadi santo/santa hasil lobby ordo dimana ia pernah menjadi anggota semakin2 banyak santo/santa semakin naik gengsi ordo ybs

Orang Katolik sekarang (minimum saya) tidak banyak lagi sibuk soal ini meski resminya saya punya dua santo pelindung: St Lukas dan St Ignatius. saya tidak minta mereka berdoa untuk saya Say malah lebih **bangga** ada orang beken bernama (George) Lucas :o) Saya lihat budaya santo/santa adalah relic masa lalu abad pertengahan kebelakang. Soal iman pribadi saya tokh soal saya boleh saja saya minta Santa Maria bunda Allah agar doakan saya waktu mati tetapi akhirnya saya yang bakal ditanya santo Petrus dipintu surga

July 01, 2003

No comments:

Post a Comment