Monday, February 16, 2009

Fear of women !

Great Britain tidak pernah dijajah lagi sejak 1000 lalu, tapi baru 100 tahun kurang lebih yang lalu wanita boleh memilih dalam pemilu. Dan baru 10-20 lalu kita lihat Margareth Thatcher sang kupu2 besi menjadi PM. Monarch boleh berhiaskan Sang Ratu (God Save the Queen) Tapi perempuan lama menjadi warga kelas II (second sex kata Simone De Beauvoir)

Kenapa ?

Bacalah Kitab Genesis waktu Tuhan Allah mencanangkan 10 perintahnya, maka wanita terhitung diantara ternak dan harta benda. Wanitalah yang ditokohkan jatuh dalam pergodaan ular sehingga manusia dibuang dari taman Eden. Meski memang wanita pula yang dikatakan akan mengadakan permusuhan dengan Iblis (dan kakinya akan meremuk setan – hence semua patung Maria menggambarkan kaki menginjak ular)

Kenapa dengan perempuan?

Tentu ini dunia laki2, tapi tidak mungkinkah bahwa sebenarnya segenap discourse diciptakan laki2 untuk merepresi perempuan karena ia takut padanya ? perempuan adalah ibu dimana laki2 bergantung, adalah lovers dimana laki2 mabuk kepayang, didua titik ini laki2 tidak berdaya, seperti Samson yang mabuk dan tertidur dibotaki dan bangun impoten

Maka segenap lembaga menggemakan ketakutan ini, maka perempuan diatur, dikerudungi, dikatakan pihak yg lemah. Tipuan murahan yang sesungguhnya mencerminkan kejerihan dipihak laki-laki.

Detik pertama Adam meilhat Hawa, Ia speechless

August 19, 2004

No comments:

Post a Comment