Saturday, February 28, 2009

Manifesto Ciliwung

23 Nov 1958, di Jeneponto, Sulawesi Selatan lahir seorang Ignatius yang kemudian memutuskan untuk mengikuti jejak seorang Ignatius yang lain – seorang santo, mantan tentara yang mendirikan serikat bernama Yesus, SJ. Ignatius Jeneponto melihat panggilan nya menjadi pelayan orang-orang yang terpinggirkan. Orang-orang yang disepak kesudut2 gelap, pojok2 pengap yang meruntuhkan harga diri, mengkorupsi rasa kemanusiaan.

Di Jakarta ia tinggal di pinggir kali Ciliwung, mendampingi mereka yang miskin, bodoh, bermasa depan gelap. Mereka yang mengais hidup ditengah ketidak-adilan ibukota. Orang-2 terpuruk ini seperti terjerumus dalam rawa maut yang menghisap pelan kedasar yang mencekik.

Namun Ignatius percaya pada rahmat. Tidak ada yang rahmat yang terlalu kecil sehinga menjadi sia-sia. Dengan dasar keyakinan ini ia setia mendampingi, dan lebih2 belajar hari demi hari bagaimana mendampingi saudara-2 hina dina ini. Secara sistematik hasil pembelajaran ini ia tuangkan dalam buku “Melawan Stigma: Melalui Pendidikan Alternatif”

Buku ini tuntas mengupas dari a-sampai-z bagaimana mendampingi kaum pinggiran ini menjadi individu yang merdeka, yang mandiri yang percaya bahwa mereka berhak atas hidup. Ignatius percaya bahwa yang perlu dari pendampingan adalah menggugah kesadaran kaum pinggir untuk melihat bahwa nasib buruk tidak ada, bahwa mereka bisa mengubah hidup mereka, bahwa selama hayat masih dikandung badan hanya ada satu kata: lawan!

Buku ini dikemas lengkap: dari filosofi – data – analisis hingga petunjuk praktis. Ignatius berharap bahwa para sahabt pendamping dimana saja boleh menggunakan buku ini sebagai peta jalan mencapai tujuan.

Kiranya dari buku ini kita juga bisa belajar bahwa prinsip pembelajaran yang sama; kita semua dipanggil menjadi sempurna – menjadi utuh, dan entah jalan pendidikan manapun yang hendak kita lalui – anda dan saya dipanggil untuk jadi individu yang menghargai hidup sebagai rahmat sehingga perlu dipertanggung-jawabkan hingga kepenuhannya

I Sandyawan Sumardi, “Melawan Stigma: Melalui Pendidikan Alternatif”, Grasindo, Jakarta 2005, 182 hlmn + daftar pustaka, available at Gramedia Balikpapan @Rp 32000

No comments:

Post a Comment